Langsung ke konten utama

Limbah Buangan Pizza Hut Jl. Sultan Agung Meluap, Ganggu Aktivitas Masyarakat Kampung Sentul Rejo

mubengminger.blogspot.com|19-12-2015|| Tidak di ragukan lagi bahwa suasana usaha dan investasi bidang kuliner di Jogja semakin marak di tengah gencarnya promosi pariwisata Jogja. Namun kenyataan ini tak jarang mempunyai efek yang secara signifikan menggangu masyarakat di sekitar lokasi usaha yg di bangun.
Kenyataan ini terjadi di daerah kampung Sentul Rejo, Sabtu, 19 Desember 2015 Limbah Restoran ini meluap. Warga Sentul Rejo lebih tepatnya di Gang Rode hingga ke kampung Sentul Rejo bagian belakang Waralaba Pizza Hut di Jalan Sultan Agung terganggu dengan bau limbah yg tak sedap ini.
Gang Rode adalah sebuah gang dibelakang restoran ini yang dilalui oleh pipa pembuangan limbah dari restoran ini. Limbah yg berbau busuk dibuang melalui pipa menuju saluran pembuang jaman Belanda yg sudah sangat usang.
Karena usia dan kondisi saluran kuno ini terkadang tidak dapat menampung limbah dari restoran ini yang akibatnya sering meluap ke jalan kampung dengan menebar bau busuk. Didik mantan ketua RT di kampung tersebut yang paling parah terdampak oleh luapan tersebut, karena rumah yg ia tempati pas di depan bak kontrol saluran jaman Belanda yg sering meluap.
Kejadian ini sudah di ketahui oleh pihak BPLH dan Dinas PU Yogyakarta namun belum ada tindakan nyata untuk memerintahkan pengalihkan saluran pembuangan Restoran ini kearah selokan depan restoran yg lebih besar dan layak karena mengarah langsung ke selokan besar yg disebut "Kali Mambu".
Hal ini seharusnya menjadi perhatian pemkot dan jajaranya untuk mencermati izin bangunan Restoran Pizza Hut dan analisa dampak lingkungan restoran ini dan tidak berpihak pada pemodal yang secara serampangan membangun dan membuang limbahnya.
Investasi memang baik untuk kota Jogja namun tidak seharusnya mengorbankan warga. Semoga sentilan saya warga gang Rode yang terganggu menjadi perhatian bagi pemkot Yogya dan pemprov DIY agar masyarakat merasa terayomi dan bukan menjadi korban investasi serampangan. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warung Makan Murah Bagian Lifestyle Anak Kost Di Jogja

mubengminger.bogspot.com. Yogyakarta tidak mungkin dipishakan dari pendidikan, kualitas pendidikan dari yang biasa sampai kualitas internasional ada di Yogyakarta. Hal inilah yang menjadikan bisnis apapun yang terkait dengan dunia pendidikan sangatlah maju pesat. Tak jarang menciptakan inovasi usaha juga menjadi penting karena hal inilah yang menjadi support dunia pendidikan di Yogyakarta. Bisnis yang marak dilakukan warga Yogyakarta terutama warga di sekitar kampus antara lain adalah warung makan,rumah kos, jasa laundry, fotocopy, serta masih banyak lagi usaha lain yang dapat dimunculkan dalam bisnis support dunia pendidikan. Salah satu yang akan kita bahas disini adalah WARMINDO atau warung indomie Indonesia sebuah bentuk usaha kecil yang saat ini sedang menjamur di Yogyakarta. Warung dengan gaya yang khas enak buat nongkrong dan pelayanan khas muda menjadi lifestyle tersendiri bagi kalangan anak kost yang tentunya butuh tempat bersoasialisasi dengan teman-teman yang asik

Tugu Pal Putih Jogja Waktu Malam

mubengminger.blogspot.com||22122015|| Tugu Pal Putih Jogja adalah sebuah icon kota Jogja yg sangat ramai di kunjungi wisatawan. Apa yang membuat lanscape ini menarik ? Mari kita lihat lebih dekat makana yg tersirat dari Tugu ini. Kerukunan, Persatuan, dan kebersamaan. Saya terlahir sebagai orang Jogja yg memang dibesarkan dengan budaya Jawa yg ke kental. Budaya Jawa memang memiliki falsafah kuat mengenai kebersamaan yg bisa disebut dengan saiyek saekoproyo yang arti bebasnya adalah bersatu padu dalam kebersamaan membangun sesuatu. Selain itu Tugu Pal Putih Jogja mensimbolkan golong gilig dimana lambang bulat utuh adalah arti holistik kebersamaan rakyat Jogja dalam menata kehidupan mereka yang akhirnya menuju pada sang penguasa jagad raya yaitu Tuhan. Tak hanya itu saja kokohnya bangunan Tugu ini juga menjadi tanda bahwa Jogja kokoh dalam memegang adat dan kuat dalam keterlibatan membangun bangsa ini. Simbol Kesatuan manusia, Alam dan Tuhan. Mungkin tidak banyak orang memperhatikan

WOLBACHIA : Bakteri Baik Kendalikan Virus Dengue

www.mubengminger.blogspot.com /1/12/2015Pengalaman baru bersentuhan dengan project labroratorium yang sangat serius menangani endemic penyakit tropis. Malaria, demam berdarah, tipus adalah penyakit yang sering muncul dan biasa dikalangan masyrakat dan tidak mengherankan lagi. Di yogyakarta ternyata di nyatakan salah satu daerah endimik penyebaran virus dengue yang cukup tinggi. Virus yang menyebabkan demam berdarah ini ternyata ditularkan oleh nyamuk aedes aegypty. Kasihan deh si nyamuk jadi kambing hitam  padahal dia cuma cari makan ngisep darah manusia……….. !             Daerah yang menjadi endemic yang terbesar adalah kabupaten Bantul dan Sleman. Dan selama dalm proses penelitian mengenai efektifitas menekan penyebaran demam berdarah ini di daerah tersebut telah ditemukan orang yang positif terkena demam berdarah. Hal ini membuktikan penyakit kuno ini dijaman moderen seperti sekarang ini tidak pernah akan bisa hilang namun hanya bisa di tekan. Seperti penjelasan  Bekti Dwi